Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Lokakarya 7 Mengambil Tema "Festifal Panen Hasil Belajar"

Sabtu, April 27, 2024, 14:22 WIB Last Updated 2024-04-27T07:22:16Z


Gunungkidul (DIY), Kompasone.com — Dalam rangka melanjutkan pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Lokakarya 7,


Berlokasi di SMA Negeri 1 Karangmojo, Sabtu (27/4/2024) Lokakarya 7 mengambil tema "Festival Panen Hasil Belajar" yang mana akan menyajikan aksi nyata dari Calon Guru Penggerak (CGP) yang sebelumnya telah mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak atau PGP selama 6 bulan.


Nur Faturrahman, mewakili dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan program PGP untuk memberikan bekal kepada guru untuk mengembangkan peserta didik serta aktif meningkatkan keterampilan.



"Kegiatan PGP dilaksanakan selama 6 bulan, dengan metode daring, lokakarya maupun pendampingan secara individu dengan presentase 70% belajar di tempat kerja, 20% dengan sejawat, dan 10% dengan narasumber,"ungkapnya.


Ia juga menjelaskan, ada 719 orang berasal dari DIY dan Kabupaten Gunungkidul terdiri 14 guru praktek dan 98 calon guru penggerak,


"Ini Lokakarya yang terakhir dan menjadi Lokakarya terbesar karena keterlibatan SDM yang cukup besar, dan ditampilkan aksi nyata hasil dari pelatihan dan dapat terlihat dampak positif dari pelatihan tersebut," kata Nur Faturrahman.


Nunuk Setyowati Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul mengucapkan banyak terima kasih karena telah memberikan bimbingan kepada rekan-rekan Calon Guru Penggerak Kabupaten Gunungkidul,


"Sudah dari Angkatan 6 sampai sekarang Angkatan 9 ini memberikan pendampingan, dan saya lihat di Angkatan 9 ini juga mempunyai perubahan yang signifikan setelah mendapatkan pelatihan," tukas Kepala Dinas Pendidikan.


Nunuk juga menambahkan, kontribusi dari rekan-rekan guru penggerak juga cukup luar biasa.


"Berpesan pada rekan-rekan untuk harus rendah hati, kembangkan komunitas-komunitas baik dengan guru penggerak maupun dengan guru yang lain, berikan pendidikan moral dan sejak dini kita tanamkan untuk memiliki cita-cita,"ujarnya.


Total ada 301 orang baik Guru Penggerak maupun Calon Guru Penggerak di Kabupaten Gunungkidul, dan Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya 7 ini diisi oleh 17 Stand dari Calon Penggerak Guru Angkatan 9.


Acara juga dimeriahkan dengan pentas seni dari siswa siswi sekolah selain itu juga diisi talkshow berbagi ilmu dan pengalaman antar guru penggerak.


( Mbah Pri )

Iklan

iklan

_

iklan

_

iklan

_

iklan