Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 25 Februari 2018

Pagar Kantor Camat Way Khilau Roboh




WAY KHILAU - Curah hujan yang tinggi pada sabtu malam 24/2 mengakibatkan pagar Kecamatan Way Khilau Amblas, dan tujuh rumah warga Dusun Tobong Areng, Desa Kubu Batu terendam banjir.

Menurut keterangan Ahmad, salah satu warga dusun tobong areng yang juga rumahnya terendam banjir pada sabtu malam mengatakan, kejadian banjir dan ambruknya pagar kecamatan disebabkan curah hujan yang begitu tinggi.

"Hujan lebat yang tak henti-hentinya dimulai dari pukul 19 wib, hingga pukul 23 wib. Sekitar pukul 22 wib, kami mendengar suara pagar ambruk. Tapi, mau mendekat kepagar suasana masih hujan deras"ujar Ahmad Sulto, saat ditemui dikediamannya 25/2 kemarin.

Lebih lanjut lagi Ahmad mengatakan, Ambruknya pagar itu,dikarenakan pondasinya amblas. Sebab,kata dia, tanah yang dipondasi adalah tanah timbunan. Dan kemungkinan juga pondasi tidak kuat menahan debet air hujan yang begitu besar.

"Jam 10 pagar ambrol, sementara jam sebelas air masuk kerumah kita ini, sementara air masuk ke rumah warga hampir mencapai satu meter. Untungnya saat air masuk kerumah tidak ada pakaian dan prabotan yang hanyut, sebab sebelum air masuk kita sudah mengantisipasi menyinggirkan ke rumah warga yang tidak terkena banjir" jelasnya.

Untuk itu, Ahmad meminta pada pemerintah pesawaran, supaya diadakan normalisasi sungai, karena kondisi sungai kota jawa sudah mengalami penyempitan,sehingga dengan kondisi sungai yang sudah sempit mengakibatkan laju air  tersendat dan mengalirnya tidak lancar.

"Masuknya air kepemukiman warga, disebabkan luapan air sungai kota jawa, dan sungai kubu batu. Kedua sungai ini sudah menyempit akibat banyaknya lumpur yang menghambat laju air. Untuk itu kami berharap pada pemarintah terkait agar segera menormalisasi sungai supaya tempat kami tidak lagi mengalami kebanjiran dan untuk diketahui, warga Dusun Tobong Areng Desa Kubu Batu, Kecamatan Way Khilau, yang terkena banjir adalah Ahmad Sulto, Sainan, Pak Tris, Kandar, Oman, Puji, dan Sahruddin,"pungkasnya.

Sementara, Camat Way Khilau Ahmad Rosani membenarkan kondisi pagar Kantor Camat Waykhilau roboh diakibatkan curah hujan yang cukup deras pada Sabtu malam.

"Memang tadi malam  (Sabtu Malam, Red) hujan deras, dan kondisi tanah juga timbunan, kemungkinan tanah tidak kuat dalam menampung curah hujan atau aliran air yang cukup banyak sehingga pagar roboh dan juga ada beberapa rumah yang tergenang air namun tidak beresiko tinggi, namun kita juga tetap waspada,"tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages